Berikut ini 7 Pertanyaan & Jawaban Seputar Eco Farming Bagian 4. Dipersembahkan oleh agen resmi eco farming jamaludin malik 082377158878

7 Pertanyaan & Jawaban Seputar Eco Farming Bagian 4

Pertanyaan 27
Nih mo nanya gimana caranya nanganin virus kuning di tanaman cabe dg menggunakan eco farming

Pupuk yg sdh di pakai adl NPK kemudian utk pemulihan kuning sdg dlm proses treatment menggunakan OVIS tp blm ada pemulihan sama sekali

Yg bersangkutan ingin menggunakan eco farming dg kondisi sdh virus kuning apakah bisa menangani n klo bs bgm pengamplikasiannya

Mohon pencerahannya

Jawaban
Salah satu masalah dalam peningkatan produksi dan kualitas mutu cabai adalah adanya serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT).

Apabila tanaman cabai terlihat kerdil, berdaun kuning, serta tidak menghasilkan buah, waspadalah terhadap serangan kutu kebul.

Kutu kebul ( Bemisia tabaci ) merusak dengan menularkan virus kuning (virus gemini) yang mengakibatkan penyakit kuning keriting.

Virus kuning, menurut Neni Gunaeni dkk, ditemukan di dataran rendah dari 100 m dpl hingga dataran tinggi di atas 1000 m dpl. Virus dapat menyerang berbagai umur tanaman. Virus menyerang berbagai varietas cabai dan menyebabkan kehilangan hasil 20 – 90%.

Gejala serangan virus ini, pada awalnya daun muda/ pucuk cekung dan mengkerut dengan warna mosaik ringan. Gejala melanjut dengan hampir seluruh dan muda/ pucuk berwarna kuning cerah, daun cekung dan mengkerut berukuran lebih kecil dan lebih tebal. Gejala lain adalah daun berwarna mosaik klorosis.

Pengendalian penyakit kuning keriting ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, namun intinya adalah segala upaya terpadu untuk menghalangi terjadinya infeksi terutama pada waktu tanaman masih muda.

Hasil beberapa penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang menganjurkan beberapa langkah antara lain:

✅ Gunakan varietas toleran/tahan yakni Tanjung-1, Tanjung-2, Lembang-1 atau varietas hybrid yang sudah beradaptasi baik seperti Hot Beauty, Hot Chili, TM 999 dan lainnya.

✅ Pengendalian lainnya dengan menggunakan benih yang berkualitas
✅ Penggunaan persemaian yang benar, imunisasi tanaman muda
✅ Pengolahan tanah dan pemupukan berimbang,
✅ Penggunaan mulsa plastik hitam perak,
✅ Penanaman tanaman penghadang, sanitasi dan pencabutan tanaman sakit.

Untuk mengurangi populasi kutu kebul, dapat dilakukan:
✅ Tumpangsari berbagai jenis tanaman,
✅ Menggunakan perangkap,
✅ Manfaatkan musuh alaminya
✅ Penggunaan cendawan entomopatogen.
✅ Penggunaan insektisida nabati juga dapat dilakukan, untuk mengurangi residu pestisida pada produk sayuran dan lingkungan.

Sumber artikel balitan kementan RI

Semoga Bermanfaat

Pertanyaan 28
Assalamu’alaikum, mau nanya untuk penanganan buah naga yg mengalami pembusukan dibuah dan batang bagaimana ya?

Jawab
Penyebab dari buah dan batang busuk pada tanaman buah naga bisa akibat dari bakteri atau cendawan.
Bakteri atau cendawan akan berkembang pesat ketika kelembaban tinggi di sekitar tanaman.
Buah dan batang yang sudah terkena sebaiknya diamankan supaya bakteri atau cendawan tidak menyebar lebih luas.
Upaya pencegahan akan lebih baik daripada pengobatan, supaya tidak terjadi berulang adalah dengan cara :
✅ Sanitasi lingkungan di sekitar tanaman buah naga terutama gulma yang menjadi inang dari hama dan penyakit.
✅ Tidak adanya genangan air sehingga memicu meningkatkan kelembaban udara di sekitar tanaman.

Semoga Bermanfaat

Pertanyaan 29
Assalamualaikum ,kami dari tim sinergi 1m ,mohon petunjuk, prihal yg terjadi di lapangan, penggunaan pupuk organik eco farming ,sawah tadah hujan dengan air yg cukup 28 hst menggunakan pukim ,stelah beberapa hari kita aplikasikan dengan pupuk organik eco farming setelah 7 hari tanaman bukannya kelihatan hijau subur ,tapi daun jadi menguning, setelah itu sama petani di beri pupuk kimia lagi ,hasilnya menjadi hijau kembali. Mohon penjelasannya

Jawab
Penggunaan Ecp Farming sebaiknya akan memberikan hasil yang baik, apabila mengikuti petunjuk dan sesuai dengan prinsip 5 Tepat:

✅ Tepat Jenis Tanaman dengan kebutuhan pupuk Eco Farming
✅ Tepat Sasaran aplikasi penyemprot bagian lahan (akar) dan tanaman (daun)
✅ Tepat Dosis aplikasi sesuai sasaran dan konsentrasi larutan dalam penyemprotan
✅ Tepat cara aplikasi Eco Farming tidak boleh dicampur dengan pestisida kimia dan tangki harus benar-benar steril dari bekas pestisida dan herbisida kimia.
✅ Tepat Waktu terutama untuk aplikasi penyemprotan tanaman sasaran utama daun dan waktu yang tepat jam 07-10 pagi ketika stomata daun membuka.

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat

Pertanyaan 30
Pak admin, bagaimana cara penggunaan EF pada kebun sereiwangi, tks

Jawab
Penggunaan Eco Farming bisa dengan dosis standar aja :
✅ Sasaran Lahan: 50 ml larutan biang Eco Farming per tangki kapasitas 15-20 liter dan dilakukan 5 hari sebelum tanam.
✅ Sasaran Tanaman : 40 ml larutan biang Eco Farming per tangki kapasitas 15-20 liter setiap 15 hari sekali
✅ Untuk jadwal aplikasi bisa mengikuti tabel yang ada di brosur no. 14

Semoga Bermanfaat

Pertanyaan 31
Assalaamua’laykum. Mhn penjelasan : Jika kita sdh mengaplikasikan pupuk EF , kemudian setelah 7 hari dg pupuk kimia 25 s/d 50 % , apakah masih perlu di kasih pupuk kandang ? Tks

Jawaban
✅ Penggunaan pupuk kandang sebagai bahan organik merupakan bagian tahapan dari proses persiapan olah tanam (media tanam), sebaiknya pupuk kandang difermentasi dulu minimal 2-4 minggu sebelum dicampurkan ke tanah ini sangat membantu dalam penyediaan hara tanah dan penentalisir pH secara bertahap. Apabila dikolaborasi dengan Eco Farming akan semakin baik.
✅ Penambahan pupuk kimia sebaiknya harus disesuaikan baik kebutuhan dan dosis berdasarkan analisa tanah maupun karakeristik dari kebutuhan tanaman. Penggunaan pupuk kimia akan memberi dampak terhadap kerusakan tanah dan kesehatan tanaman terutama bila berlebihan. Bahkan penggunaan pupuk kimia yang terus menerus akan menurunkan pH (tanah semakin asam).

Terimakasih
Semoga Bermanfaat

pertanyaan 32
bagaimana cara mengobati jamur putih di jambu mutiara ini dengan EF ?

Jawaban
✅ Penyakit jamur putih bisa dikendalikan dengan fungisida baik kimia atau bio fungisida (jamur antagonis)
✅ Upaya pengendalian teknis dengan cara :
1. Amankan atau isolasi tanaman yg sudah terkena jamur supaya tidak menular dan menyebar ke tanaman lainnya
2. Sanitasi lingkungan tanaman dari gulma dan mengurangi tingkat kelembaban lingkungan sekitar tanaman, seperti genangan air yg akan memicu kelemaban menjadi tinggi.
3. Atur jarak tanam yang tepat sehingga intensitas cahaya matahari bisa masuk sampai ke tanah terutama pada musim hujan
✅ Peran Eco Farming sebagai tambahan nutrisi atau unsur hara yg dibutuhkan tanaman supaya tanaman menjadi normal, sehat dan imunitas kuat. Artinya Eco Farming lebih bersifat memulihkan dari dalam tubuh tanaman menjadi sehat.

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat

Pertanyaan 33
Assalamualaikum wr wb. seharusnya pengaplikasian ecofarming -5 sblm masa tanam, tidak dilakukan/ disemprotkan karna terkendala tanah garapan sawahnya kebanjiran. kemudian eco farming baru akan diplikasikan stlh masa tanam 14 hari. apakah dibolehkan? mohon pencerahannya?! 🙏

Jawaban
Aplikasi Eco Farming akan maksimal bila dilakukan sesuai petunjuk, bila jadwal terlewatkan karena satu hal terkendala banjir dsbnya, bisa dilakukan pada jadwal selanjutnya dengan catatan dosis aplikasi sebelumnya ditambahkan ke aplikasi berikutnya. Sasaran utama pemupukan Eco Farming adalah restorasi kesuburan lahan dan penambahan unsur hara tanah yang nantinya akan diserap oleh akar serta pemberian unsur hara lewat stomata daun supaya tanaman tumbuh normal, sehat dan imunitas kuat.

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat

Demikian 7 Pertanyaan & Jawaban Seputar Eco Farming Bagian 4. Untuk pembelain produk pastikan anda menghubungi agen resmi eco farming. Jangan tergiur dengan membeli produk murah yang tidak dijamin keasliannya.

Pemesanan hub:

jamaludin malik 082377158878 Chat Whatsapp